Berinvestasi Sekarang Lebih Mudah, Ini Kata Menteri Investasi/Kepala BKPM

0
308

teradesa.com. Di sela-sela kunjungan kerjanya di Jawa Timur, Menteri investasi/Kepala BKPM, Bahlil Lahadalia berkenan hadir dan memberikan pidato kebangsaan pada acara Pelantikan dan Rakerwil I Pengurus Majlis Wilayah KAHMI periode 2021-2026, Jawa Timur di Hotel Shangri-La, Surabaya. 

Pidato tanpa teks yang disampaikan selama sekitar 30 menit itu, lebih banyak menyinggung perkembangan investasi dan bisnis di Indonesia. Ia berharap semua warga masyarakat terus menumbuhkan semangat bekerja. Semua warga Indonesia, di Jawa dan luar jawa terus menjadi perhatiannya agar pembangunan tidak banyak fokus di Jawa. Bahkan saat ini, posisi investasi lebih banyak di luar Jawa.

Tentu, semua orang tidak menyangka bahwa pandemic covid 19 berdampak sangat luar biasa. Ia telah memudarkan rencana bisnis, rencana pembelajaran dan sebagainya. Semua aspek kehidupan terdampak; ekonomi negara terdampak, politik nasional terdampak, pendidikan nasional terdampak.

Masyarakat Indonesia harus selalu bergerak kedepan (moving forward) dalam situasi apapun, termasuk situasi pandemic covid 19 ini. Dan, ini sudah dibuktikan bahwa Indonesia mulai bangkit dari keterpurukan ekonomi. Menurut Menteri Investasi/Kepala BKPM, Bahlil Lahadalia bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia tumbuh menjadi 7,07% pada triwulan II 2021. Sebelumnya, yakni pada triwulan I 2021 pertumbuhannya -0,74%.

Lebih lanjut menurutnya, pertumbuhan ekonomi pada triwulan II 2021 ini  hampir menyamai pertumbuhan Tiongkok, sebesar 7,9%, meskipun pada triwulan I pertumbuhan ekonomi Tiongkok melejit, 18,3%. Menteri Investasi mengharapkan semua lapisan masyarakat terus melakukan inovasi, dan tidak terbawa situasi pandemic.

Pemerintah berkomitmen menumbuhkan dan mengembangkan usaha-usaha masyarakat. Yang belum memiliki usaha ditumbuhkan, usaha mikro dikembangkan ke menengah, dan usaha menengah dikembangkan menjadi usaha makro. Menurutnya bahwa Presiden berpesan agar orang yang kaya di Indonesia jangan itu-itu saja, kekayaan harus merata dan tumbuh orang-orang kaya baru.

Silahkan semuanya saja mengurus usaha. Bahkan orang-orang di desa sekalipun dapat mengurus perijinan usaha/investasi secara mudah, simple, dan transparan. Berdasarkan SE Menteri investasi/Kepala BKPM nomor 17 tahun 2021 ijin usaha dapat dilakukan secara online melalui system OSS. #Nur Kholis. 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here