Gunung Budeg, Indahnya Sepanjang Bukit (Part 1)

0
826

teradesa.com. Gunung Budeg merupakan salah satu tujuan wisata lokal Tulungagung yang murah meriah. Meski murah meriah, namun tempat ini dapat memanjakan mata dengan sejuk, dan indahnya pemandangan alam di sekitarnya.

Berada kurang lebih 13 km dari Kota Tulungagung ke arah selatan. Anda cukup menempuh waktu sekitar 15 menit sudah sampai di lokasi. Saat Anda sampai di area parkiran, kendaraan dapat dititipkan parkiran yang sudah disediakan oleh pengelola. 

Sebelum naik ke puncak bukit, wisatawan selalu dimanjakan oleh hamparan sawah yang menghijau dan udara yang cukup sejuk. Ada juga pedagang makanan dan minuman ringan di kaki bukit.

Beberapa saran jika Anda ingin naik ke puncak. Anda harus menaiki tangga berundak menuju pos pengelola. Setelah melewati pos pengelola, Anda bisa berjalan mengikuti jalan setapak menjuk ke atas.

Ada beberapa tempat yang disediakan oleh pengelola untuk pendaki jika ingin berhenti sejenak. Sebab bukit ini meskipun tidak terlalu tingi, tetapi lintasannya memiliki tanjakan yang cukup menantang.

Saat sampai pos istirahat pertama saja, Pengunjung dapat merasakan betapa indah alam di sekitarnya. Dapat melihat sawah yang terhampar bagaikan permadani yang sedang digelar di bawah. Selain itu, jika Anda melihat ke samping, ada bukit yang berjajar sambung-menyambung.

Pada siang hari, Anda dapat melihat rumah penduduk yang tampak seperti miniatur rumah dari atas. Sementara, pada malam hari Anda dapat melihat gemerlap lampu dibawah bukit yang posisinya ada disekitar bukit.

Ohya, ada beberapa bagian pada bukit ini yang dapat digunakan oleh pengunjung untuk latihan panjat tebing juga.

Pada setengah perjalanan menuju puncak, Anda dapat menemukan tulisan besar berbunyi, “gunung budeg”. Anda dapat berfoto di bawah tulisan ini, asyik banget lho. Jika perjalanan dilanjutkan, Anda akan menemukan jalan bercabang di mana jalan lurus menuju puncak, sedangkan jalan yang menyamping menuju patung Joko Budeg.

Jika Anda ambil jalan menuju puncak, maka Anda akan menemukan suasana yang cukup menantang. Jalan sedikit berbatu naik turun, dan pada jalur hampir puncak, ada jalan yang cukup menanjak sehingga disediakan tali untuk pegangan.

Semua perjuangan tersebut, pasti terbayar lunas saat Anda mencapai puncak. Sebab dari puncak gunung budeg Anda dapat melihat semua penjuru dengan bebas. Saat Anda melihat ke langit, akan tampak awan yang bagai kapas. Langit biru yang ditempeli awan putih bagai lautan di atas kita.

Wah, ini yang tidak kalah kerennya. Anda juga dapat melihat indahnya matahari terbit di pagi hari atau indanya matahari tenggelam di petang hari. Jika Anda berada di puncak gunung sebelum matahari terbit, maka Anda seakan berada di atas lautan awan, hmmmm  asyik polll!

Perlu Anda ketahui juga ya..puncak gunung ini ada dua, yaitu puncak barat dan puncak timur yang lokasinya relatif berdekatan. Hanya butuh waktu sekitar 10 menit berjalan kaki dari puncak barat ke puncak timur. Sungguh indah alam ciptaan Allah yang dapat kita nikmati. #Musrikah Huzenais

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here