Hey MABA

0
128

teradesa.com. Proses merencanakan (planing) dan memilih arah serta tujuan hidup itu tidak mudah. Berbagai pilihan ada didepan mata, namun kita hanya bisa memilih satu saja.

Contohnya seperti memilih jodoh, pekerjaan, sekolahan, kuliah, teman dekat, tempat tinggal, menu makanan hingga pakaian yang kita kenakan. Kesemuanya itu seolah-olah memberi kebebasan kita, namun ternyata pilihan kita dibatasi oleh takdir.

Sebagai hamba, kita harus mempunyai bekal untuk memahami konsep takdir. Didalam ajaran umat Islam, takdir disebut juga qadla’ dan qadar. Keduanya telah Allah tetapkan jauh sebelum Allah menciptakan dunia dan seisinya.

Lalu kenapa? buat apa kita susah payah berusaha? sedangkan Allah SWT telah menggariskan takdir untuk kita. Jawabnya adalah, Allah SWT telah membekali manusia berupa akal, pikiran, naluri dan panca indra. Untuk menguji, apakah kita bisa menentukan pilihan yang sesuai dengan syariatNya.

Allah tidak lagi menilai hasil. Karena hal itu sudah menjadi hak prerogatif-Nya. Allah SWT menilai setiap langkah dan jerih payah yang dilakukan oleh hambanya dalam berusaha. Usaha kita inilah yang nantinya akan dihisab (menjadikan pahala atau dosa).

Kini kalian sudah menjadi mahasiswa, bukan lagi siswa. Ada tambahan kata “maha” yang seolah-olah menuntut Anda untuk selalu bijak dalam mengambil sikap (hehe tak perlu berat hati…).

Tentu kalian bisa memilih menu makanan yang lebih bergizi, daripada camilan yang tidak jelas kandungannya dalam komposisi. Tentu kalian bisa memilih aktifitas mahasiswa yang tidak sekedar sebagai hobi, tetapi aktifitas yang dapat meningkatkan kreatifitas dan jati diri.

Satu sampai dua bulan yang lalu mungkin kalian dihadapkan pada pilihan yang tidak mudah untuk menentukan. Memilih perguruan tinggi swasta atau negeri. Meneruskan langkahnya menggali ilmu di Institut, universitas, atau sekolah tinggi.

Kini kalian telah bergabung di universitas, dan akan dihadapkan pada pilihan jurusan atau program studi. Setelah kalian terjun didalam program studi bukan berarti usaha kalian telah usai. Namun disitulah petualangan kalian baru dimulai.

Selamat bergabung, silakan mendayung dengan kuat, mari berselancar sehingga tidak hanya togamu yang berkibar tetapi cita-citamu juga bersinar. Terima kasih telah berkenan berkunjung ke tautan youtube ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here