Learn to Say No

0
103

teradesa.com. Belajar berkata tidak ! kenapa tidak ? Ternyata kita juga perlu untuk belajar berkata “No” terhadap sesuatu yang layak untuk ditolak atau terhadap permasalahan yang menyulitkan. Begitu juga, dengan suatu permintaan pertolongan yang memberatkan, ajakan yang tidak mungkin kita lakukan. Bahkan terhadap suatu pekerjaan yang merugikan, atau job discription yang memang bukan porsi kita, dan lain sebagainya.

Sering kali kita meng-iya-kan ajakan, perintah, permintaan hanya karena gak enakan atau istilah Jawanya sungkan. Kebiasaan ini jika dibiarkan tentu, akan berdampak buruk terhadap diri kita sendiri, dan juga akan berimbas kepada orang lain.

Akibat lainnya, jika selalu sungkan, dan gak enakan adalah tidak tegas untuk berani bilang “No”. Kita akan menjadi pribadi yang mudah rapuh, lembek, tidak teguh pendirian, tidak memiliki prinsip. Hal semacam ini tidak menutup kemungkinan akan menjadikan kita selalu tertindas.

Seseorang harus mengedepankan mencintai diri sendiri (self love) sebelum ia hadir sepenuhnya untuk orang lain. Juga, harus berfikir secara realistis untuk memutuskan dan mengatakan bilang yes or no, meskipun hal ini kasuistik. Nabi Muhammad SAW mengajarkan ketegasan dalam aturan kehidupan beragama dan bermasyarakat. Juga, Allah swt telah berfirman, “Nabi Muhammad itu utusan Allah dan mereka orang-orang yang bersamanya itu tegas terhadap orang kafir dan berkasih sayang terhadap sesama mereka…” (Q.S. Al Fath/48: 29).

Islam, juga mengajarkan untuk tegas dalam prinsip dan fleksibel dalam sikap. Dua hal ini harus dipahami secara proporsional, meski sesuai pada permasalahannya. Tegas terhadap apa atau siapa, dan fleksibel terhadap kasus apa. Kapan harus tegas dan kapan boleh fleksibel, mesti diperhatikan. Bukan kapan saja dan kepada siapapun boleh fleksibel atau berkata iya.

Kalaupun seseorang sedang dihadapkan pada situasi yang mengharuskan menjawab “iya“, namun ia enggan terhadap efek atau resiko buruk yang ditimbulkan, setidaknya katakan “iya, tapi….“. Oke, jangan takut katakan No dengan disertai alasan yang logis. #Niqo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here