Mengembangkan Desa Cerdas

0
318

teradesa.com. Masyarakat perlu mendorong agar pengelolaan Negara lebih efektif. Focus pada pengembangan masyarakat, kekayaan sumber daya alam hanya diperuntukkan sepenuhnya untuk kepentingan masyarakat luas. Menghilangkan model monopoli oleh pengusaha besar (jumlah kecil).

Perlu ada terobosan, kreatifitas, kerjasama, partisipasi masyarakat dalam mengelola dan membangun warga secara berkelanjutan. Diantaranya, dapat dilakukan mulai dari desa. berikut ini hanyalah gagasan kecil, tapi mungkin memiliki dampak besar untuk warga. Apa itu? desa cerdas.

Tujuan pembangunan desa cerdas, diantaranya; memandirikan desa, mengembangkan kembali budaya lokal, “gotong royong” yang telah sirna, mengefektif-efisiensikan pembangunan desa, meningkatkan keterlibatan warga, meningkatkan transparansi dan akuntabilitas.

Gagasan program ini perlu disokong empat pilar utama, yaitu; warga cerdas, pemerintahan cerdas, ekonomi cerdas, dan lingkungan cerdas.

Pertama; Warga cerdas. Bertujuan meningkatkan pengetahuan, sikap, dan perilaku berkarakter; Mengembangkan budaya belajar; Mengefisiensikan akses pengetahuan; meningkatkan semangat belajar seumur hidup, dan membudayakan warga sebagai pembelajar.

Diantara kegiatan yang dapat dilakukan adalah; mengembangkan taman pendidikan al-Qur’an (TPQ) di setiap dusun/mushola/masjid, perpustakaan desa, taman bacaan yang dilengkapi spot internet gratis, pembentukan paguyuban petani cerdas, komunitas belajar, komunitas jurnalistik/film desa, dll.

Kedua, pemerintahan cerdas. Bertujuan mengefektif-efisiensikan pelanayanan; meningkatkan akses pelayanan warga secara cepat; mendorong dan meningkatkan partisipasi warga, transparansi dan akuntabilitas dalam semua proses perencanaan dan pelaksanaan pembangunan desa; dan meningkatkan peran penting dan kepeduliaan warga dalam pembangunan desa.

Diantara kegiatan yang dapat dilakukan adalah; pembuatan peraturan desa (perdes) yang berkaitan langsung dengan berbagai kepentingan warga sesuai dengan keragaman aspek kehidupan masyarakat; aplikasi pelaporan keuangan desa yang transparan dan akuntabel; aplikasi digital pelayanan masyarakat; revitalisasi lembaga-lembaga desa termasuk didalamnya adalah BUMDes, dll.

Ketiga, ekonomi cerdas. Merupakan program yang dapat meningkatkan keterlibatan warga dalam kegiatan produktif berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi untuk mengakselerasi pertumbuhan ekonomi warga.

Program ini bertujuan; melakukan akselerasi potensi ekonomi produktif desa; melakukan penataan dan penguatan kelembagaan ekonomi desa; melakukan perluasan pemasaran produk-produk warga berbasis teknologi-informasi modern; meningkatkan keterlibatan warga dalam berbagai kegiatan ekonomi produktif desa.

Keempat, lingkungan cerdas. Program ini dimaksudkan untuk menginisiasi warga dalam menciptakan lingkungan yang sehat, asri, bersih, asli, dan rapi (SABAR) dalam rangka menjaga lingkungan desa untuk kelangsungan dan keberlanjutan.

Berbagai potensi desa diidentifikasi dan dilestarikan untuk kepentingan warga sekarang dan masa yang akan datang. Misalnya kegiatan yang dapat dilakukan; pembuatan spot sedekah sampah/bank sampah, penanaman beragam pohon yang dapat mendeposit air bawah tanah, memanfaatkan air brantas untuk pertanian, dll. #Nur Kholis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here